Kejati Sumut & IAD Wilayah SUMUT Mengadakan Acara Donor Darah dan Deteksi Dini Kanker Serviks Lewat Tes IVA

Share :
| | |

Medan, 10 Juli 2019 Dalam rangka memeriahkan acara Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke-59 dan Hari Ulang Tahun (HUT) XIX Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD), Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) dan IAD Wilayah Sumut menggelar acara donor darah dan deteksi dini kanker serviks lewat tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) di Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution.

Ketua Panitia HBA yang ke-59 Kejatisu Aswas Firdaus, SH, MH yang diwakili oleh Koordinator Acara Donor Darah Adung Sutranggono (Koordinator Bidang Intelijen Kejatisu) menyampaikan bahwa donor darah selain bermanfaat bagi kesehatan, darah yang kita donorkan juga sangat berharga bagi orang yang sangat membutuhkan.

Acara donor darah diikuti oleh ibu-ibu IAD Wilayah Sumut, Para Jaksa dan Pegawai di lingkungan kerja Kejati Sumut.

Khusus untuk tes IVA, menurut dr. Hartati, M.Kes salah seorang dokter yang melakukan pemeriksaan, tes IVA tidak seperti Pap Smear yang mungkin lebih dikenal, tes IVA (inspeksi visual asam asetat) adalah pemeriksaan leher rahim yang juga bisa digunakan sebagai pendeteksi pertama. Jika dibandingkan dengan pap smear, tes IVA cenderung lebih murah karena pemeriksaan dan hasil diolah langsung, tanpa harus menunggu hasil laboratorium.

"Tes IVA disarankan kepada ibu-ibu yang sudah menikah bukan kepada wanita yang belum menikah".

Pembuat Berita

Admin Adhyaksa TV

Posting Isi Konten: Kejati Sumut & IAD Wilayah SUMUT Mengadakan Acara Donor Darah dan Deteksi Dini Kanker Serviks Lewat Tes IVA.
Dibuat pada: 10-Jul-2019

Berita Terkait